Gardening Today!

Hei!
It's been along time, aku nggak nulis kayak gini. Maksudku dengan seceria dan sebersemangat ini. Rasanya aku kembali hidup dengan berkebun setelah dua tahun masa kelam hahaha, masa nggak sempet nulis apa-apa maksudnya.

Sekarang aku lagi ada di balkon rumahku yang sudah kuubah jadi taman kecil dengan banyak pot. TARAA!!! Memindahkan beberapa tanaman lagi dari lantai satu rumah. Kalau dirasa-rasa capek juga sih naik turun tangga dan bawa-bawa pot tiga kali. Tapi sudah biasa kok hehe. Ada sekitar lima pot yang aku pindahkan. Semuanya tanaman yang aku pindahkan nggak tumbuh dengan baik di lantai satu. Maapkan..

Keadaan taman di lantai satu cukup kecil dan sangat lembab, apalagi kalau musim hujan datang seperti ini. Beberapa tanaman nggak tumbuh dengan optimal ketika keadaan tanahnya terlalu basah. Jadi aku harus mindahin mereka ke tempat yang lebih banyak terpapar sinar matahari. Memang kondisi taman di lantai satu tertutup oleh kanopi pohon mangga besar tua yang sudah ada sebelum aku dilahirin, jadi ya rimbun sekali lah ya. Pohon mangga kesayangan karena setiap tahun pasti berbuah dua kardus 👍

Selain dirimbuni pohon mangga, taman di lantai satu juga dikelilingi sama pohon bambu sehingga sudah pasti sangat terlindungi dari cahaya matahari dan lembab bangettt. Kebanyakan tanaman yang aku letakkan disitu memang tanaman yang cocok untuk tempat dingin (bukan musim dingin, tetapi tempat yang lebih redup cahayanya dan pasti lebih lembab), seperti Philodendron dan Anthurium. Tapi ada juga anggrek dan tanaman lainnya.

Sedangkan taman di lantai dua, yang adalah tempat jemuran, memiliki banyak cahaya matahari karena daerahnya terbuka gitu. Beberapa tanaman yang ada kebanyakan tanaman buah seperti tomat, srikaya, jeruk, dan strawberi yang memang memerlukan banyak cahaya matahari untuk pertumbuhan buahnya. Tapi juga ada dua pohon palm, arbei, Chrysanthemum, Adenium, dan Sansivera.

Tanaman stroberi yang tiap sudah dua kali masa pemupukan setelah beli.
Akhirnya bunga dan daunnya besar-besar juga! So happy!

Beberapa tanaman yang aku bawa ke lantai dua adalah tanaman yang keadaannya memang nggak fit. Tanaman pertama adalah sejenis suplir. Suplir emang suka berada di tempat yang dingin, tapi aku ngerasa daunnya kekurangan cahaya matahari sehingga warna hijau-nya terlihat agak kekuningan dan batang daunnya banyak yang patah. Aku lagi nyoba untuk memberi banyak sinar matahari pagi, barulah nantinya dibawa lagi ke lantai satu biar nggak kepanasan banget.

Suplir atau pakis sih sebenernya? Maap ya kalau salah-salah


Aku rasa tanaman kedua masuk ke dalam jenis Philodendron. Meskipun suka di tempat yang dingin, kebanyakan Philodendron membutuhkan cahaya yang banyak agar daunnya bisa tumbuh lebar, besar, dan lebat. Philodendron yang ini punya daun yang lebih kecil-kecil dibanding yang lain, padahal jenisnya sama. Aku coba meletakkannya di tempat yang banyak cahaya supaya daunnya bisa tumbuh lebih lebar.

Philodendron yang berdaun kecil bersama si Uti dan Entis yang jadi photo bomb :))

Tanaman ketiga adalah anggrek yang diletakkan di pot dengan media tanah. Anggek satu ini batangnya mengerut. Aku rasa kasusnya sama seperti yang lainnya, terlalu banyak air dan kurangnya cahaya. Perlakuannya juga akan sama seperti yang lain, mindahin dia di tempat yang lebih banyak cahaya matahari tapi juga di tempat yang redup (di area stroberi ada jaring-jaring supaya dia nggak kepanasan)

Si anggrek yang batangnya agak mengerut.
Nggak tau jenisnya, cuma tau bunganya kecil-kecil dan berwarna kuning hehe..

Sedangkan yang selanjutnya ini aku nggak yakin jenisnya. Bagian permukaan daunnya hijau gelap sementara bagian belakangnya agak kecokelatan dan punya bunga berwarna oranye. Cantik sih tapi aku ngerasa dia juga butuh cahaya yang lebih banyak agar tunas lainnya memiliki pertumbuhan yang sama dengan tunas induknya. Oiya, si induknya ini agak melenceng juga batangnya, nggak bisa tegak karena dulu pernah ketindihan pot lain. Kasian.


Jenis tanaman apakah ini? Cantik kan..

Semoga mereka semua akan membaik dan jadi tanaman yang sehat!
Aaminn.. 🙏😍



Tambahan..

Si Uti gangguin emaknya nulis blog

Si Uti dan Entis yang gelut waktu emaknya moto-moto taneman

Comments

Post a Comment

Popular Posts